Jumat, 27 Agustus 2010

Sisa-sisa Legiun Kesembilan Ditemukan

London: Legiun Kesembilan merupakan pasukan tertua dan yang paling ditakuti di seluruh Kekaisaran Romawi. Namun pada satu masa usai 108 sebelum Masehi, legiun ini menghilang dan tidak pernah terdengar lagi kabarnya. Dan sekarang, para arkeolog mengklaim telah menemukan puing-puing yang diperkirakan menjadi rumah dari legiun yang hilang ini.

Highways Agency tidak sengaja menemukan situs ini ketika sedang menggali jalanan A1 antara Dishforth dan Leeming di utara Yorkshire. Jalan A1 merupakan jalan terpanjang di Inggris yang menghubungkan hampir semua wilayah di negeri tersebut. Lokasi situs ini berdekatan dengan puing-puing sebuah benteng di Healam Bridge yang merupakan garis pertahanan terdepan Kekaisaran Romawi, dua ribu tahun lampau. Para peneliti yakin bahwa bekas rumah legiun Romawi yang hilang ini berfungsi untuk membantu mempertahankan benteng di Healam Bridge tersebut.

Di dalam situs yang masih terus digali ini ditemukan sisa-sisa penggilingan tepung yang digunakan untuk menggiling gandum dan memproduksi makanan bagi pasukan, pakaian, dan tembikar. Arkeolog juga menemukan sejumlah koin, pecahan keramik, dan setengah ton tulang belulang binatang. Mereka juga mengekskavasi sisa-sisa kremasi 14 mayat manusia dan kerangka seekor kuda di bawah sebuah bangunan. Kuda tersebut diperkirakan disembelih sebagai bagian dari ritual pengorbanan kepada dewa-dewa untuk membawa keberuntungan terhadap bangunan tersebut.

Legiun Kesembilan telah memenangi berbagai peperangan di seluruh Kekaisaran Romawi, dari Gaul ke Afrika, Sisilia ke Spanyol dan dari Jerman ke Inggris. Banyak ahli yang percaya bahwa legiun ini menghilang setelah dikirimkan untuk berperang melawan bangsa Picts di Skotlandia dan tidak pernah kembali. Teori lainnya yang lebih sederhana memprediksi bahwa legiun ini membubarkan diri setelah memperoleh hasil memalukan dalam peperangan. Teori-teori mengenai apa yang terjadi terhadap Legiun Kesembilan telah menelurkan sejumlah novel, serial televisi dan sejumlah film.

Gary Frost, manajer proyek Highways Agency mengatakan, proses ekskavasi yang dimulai sejak Juli tahun lalu ini memberikan para ahli sebuah "jendela unik" untuk memandang langsung ke masa lalu. Serta, mengetahui apa yang terjadi terhadap Legiun yang hilang ini. "Situs ini mengungkapkan sebuah dunia yang tersembunyi, yang menunjukan bagaimana bangsa Romawi mempertahankan benteng (Healam Bridge) ini dan wilayah sekitarnya," jelas Frost.

dikutip dari liputan6.com,jum'at 27 agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar